Thursday, August 28, 2008

Mengatasi permasalahan MySQL error number 1130 - Host "Machine" is not allowed to connect to this server

Connection failed
1130 - Host "Machine" is not allowed to connect to this server.
Keterangan error diatas adalah ketika saya coba-coba belajar membuat program kecil untuk kebutuhan kantor saya. Dikarenakan saya bukanlah programmer handal sempet bingung juga “Kenapa ya kok programku ga mau konek ????”. Dan ketika aku coba pake MySQLFront tampilnya seperti di bawah ini neh.....

Photobucket

Dan ternyata permasalahan itu dapat selesai setelah aku buka-buka webnya mr.Google (apa ya yang ga bisa di cari dengan google ya????) . Error tersebut diatas dikarenakan user root di MySQL-Server saya tidak mengijinkan koneksi dari manapun kecuali dari localhost atau 127.0.0.1 (CMIIW- Kalo menurut pemahaman saya seh seperti itu.Mudah-mudahan bener).
Dan berikut tips untuk menangani error tersebut.

Ada 2 cara (cara-cara yang lain,saya mohon di kasih tau ya..).
* Cara yang pertama adalah merubah/edit users root yang sudah include ketika menginstall MySQL-server.
* Cara yang kedua adalah menambah user root yang dapat menerima koneksi selain dari localhost.

Berikut untuk cara yang pertama :
1. Buka program MySQL-Front di tempat MySQL-Server anda install
2. Klik File - Connection
    lalu buat koneksi baru dengan meng-klik Tombol New dan setelah itu ketik Localhost atau ketik apa saja terserah anda di kotak isian Description.
3. Isikan dengan :
    Hostname/IP = localhost
    User = root
    Password = password ketika pertama install mysql-server
    Port = 3306
4. Lalu klik tombol Connect.
5. Setelah itu klik Tools - User-Manager
6. Klik pada tab Edit User lalu pilih root@localhost lalu klik tombol Edit User
7. Edit pada kotak isian menjadi :
    Username = root
    Host = % (localhost di hapus diganti dengan tanda persen(%))  
    New Password = terserah
    ReType Password= terserah
8. Klik Save

Dan berikut untuk cara yang ke-II
1. Masih di MySQL-Front – User Manager anda tinggal menambahkan user baru root dengan host %
2. Klik Tools - User-Manager
3. Di kotak isian :
    Username = root
    From Host = %
    Password = terserah
4. Klik tombol Add User
5. User Succesfully Created

Mohon kiranya memberitahukan kepada saya bila ada kesalahan dalam penulisan tutorial diatas.

To be Continued.....

4 comments:

wong_LA said...

maaf mas sebelumnya kalau tidak salah itu kan juga untuk localhost mas.

arch said...

mantep mas....berhasil....tapi itu klo pas pake MySQL-Front ga ada menu Tools > User Manager....

jadinya pake SQLyog....

tapi yang pasti....sukses....

keluarga lontar novi setiawati said...

Saya sedang mengalami kesusahan mas mslhnya sama spt diatas tp di my sql front tdk saya temukan tools pdhl besok saya mau ujian sidang, pusing saya.

abai said...

TERIMA KASSSIIIIHHHH...........